Ads Top

Kursus Jangka Pendek Animasi

 

Kursus Jangka Pendek Animasi


Mari teman - teman bahas lengkap apa itu animasi pada pembahasan dibawah ini

Pengertian Animasi

Animasi ialah suatu gambar yang bergerk, berasal dari kumpulan objek yang sudah disusun sedemikian rupa dengan objek bisa dalam bentuk suatu tulisan, gambar hewan, gambar tumbuh-tumbuhan, gambar manusia serta lain sebagainya.

Animasi ialah sebuah grafika yang dimana menunjukkan gerakan secara urut dengan cepat menjadikan objek tersebut seperti hidup. Dengan perencanaan yang benar serta matang maka alur pergerakan animasi akan unik untuk dilihat. Apabila dalam dunia multimedia animasi ialah cara menggunakan program di komputer untuk mendapatkan gerak sebuah objek di layar. Sesertagkan orang yang membuat animasi dikenal dengan nama animator.

Saat ini istilah animasi sudah tidak awam lagi, karena teman - teman biasa melihat animasi ditayangkan di televisi ataupun di internet. Saat ini pada lazimnya orang-orang memahami animasi lewat film-film yang ditontonnya, sebab film kini semakin tidak jarang diproduksi serta tidak sedikit yang menyukai.

 BACA JUGA : Kursus Gambar Animasi

Banyak perusahaan pembuat film animasi yang telah menciptakan filmya dengan hasil yang paling bagus.Seperti Walt Disney, DreamWorks, Pixar serta lain sebagainya.

Jenis-Jenis Animasi

Ada beberapa jenis-jenis animasi antara lain sebagai berikut:

Jenis Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter Yang Dibuatnya

Stop Motion Animation/Claymation

Dikenal pun dengan claymation, tekni dalam menciptakan animasi ini ditemukan oleh Blakton pada tahun kira-kira 1906. Memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering dipakai untuk mendapatkan sebuah visual guna film-film di tahun 1950-1960 an.

Animasi 2 Dimensi/2D

Animasi jenis ini juga terkenal dengan sebutan kartu. Kartun atau Cartoon bisa didefinisikan sebagai gambar yang lucu, contohnya bisa dilihat di film-film kartun, banyak sekali gambar-gambar yang lucu yang ditunjukkan serta seringkali untuk menghibur, yang termasuk contohnya ialah tom & jerry.

Animasi 3 Dimensi/3D

 

Semakin berkembangnya teknologi utamanya teknologi komputer maka hadir animasi 3 Dimensi. Animasi 3D ini ialah hasil pengembangan dari animasi 2D. Di animasi 3D objek akan seperti semakin hidup serta juga seperti nyata. Banyak contoh film dengan menggunakan teknik animasi 3D serta CGI (Computer Generated Imagery).

Animasi jepang disebut juga dengan Anime.

Jenis Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Animasi Cel

Animasi Cel seringkali ialah lembaran-lembaran yang akan membentu animasi tunggal. Sehingga setiap cel ialah bagian terpisah, yang seperti objek serta juga latar belakangnya terpisah, sehingga dapat bergerak dengan sendirinya.

Animasi Path

Animasi path adalahteknik penciptaan animasi yang berasal dari objek yang digerakkan, gerakan tersebut mengekor garis yang telah ditentukan oleh pembuatnya.

Animasi Sprite

Animasi sprite ini membuat objek teman teman bisa bergerak secara sendiri sehingga objek yang ada di belakangnya tidak akan bergerak.

Teknik dalam animasi ini membuat objek yang teman teman dapatkan tak akan mengikuti lintasan garis lurus melainkan berbentuk seperti kurva.

Animasi Clay

Animasi ini memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya tekstur apa animasi ini memiliki suatu efek yang lentur atau elastic.

Animasi Vektor

Animasi ini bisa teman teman membuat dengan teknik seperti rumus dalam membuat atau menggambar objeknya.

Animasi Karakter

Salah satu contoh dari animasi ini ialah animasi 3D yang sering dipakai untuk membuat suatu film. Di animasi karakter masing-masing objek mempunyai ciri serta gerakan yang berbeda, tetapi masing-masing objek terseubt bergerak secara bersamaan. KLIK DISINI

Kursus Jangka Pendek Animasi Kursus Jangka Pendek Animasi Reviewed by sentia indriyani on 19.54 Rating: 5

Tidak ada komentar