Ads Top

Cara Membuat Game HTML

Cara Membuat Game HTML


Halo semua ^^ kali ini aku akan membahas artikel atau ulasan yang menurutku waw sekali yaitu cara membaut game html. Dengan html? Ya dengan html kok. Susah ngga sih kak? Ya, kalau teman - teman rajin belajar dan langsung pratek tanpa takut salah insyaallah bisa kok. Namun sebelum aku akan membahasa caranya aku akan membahas mengenai “ game “ ini. Maka dari itu jangan sampai teman - teman skip ya.

BACA JUGA :Kursus Animasi Bandar Lampung  

Pengertian dari Game.

Dalam teman - temans bahasa indonesia “game” diartikan permainan. Permainan yaitu suatu  bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan, keduanya ini saling berhubungan. Permaian merupakan kegiatan kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Game berasal dari bahasa inggris yang artinya dasar permainan. Permainan dalam urusan ini merujuk pada definisi kelincahan intelektual yang pun dapat diartika sebagai arena keputusan dan pun aksi permainnya. Dalam, game ada target-target yang dingin dicapai pemainnya.

Membuat game Android di jaman kini ini telah dapat memakai HTML5 tanpa memakai Java. Hal ini pasti menguntungkan untuk pengembang software yang lebih tak asing dengan bahasa HTML ketika hendak membuat game di Android.

 

Untuk membuat game di Android menggunakan HTML5, salah satu caranya yaitu suatu  dengan menggunakan Intel XDK. Jika sebelumnya telah pernah menciptakan web game memakai HTML5, melulu perlu mengubah sejumlah bagian kodingan supaya game-nya bisa dijalankan dengan fasih di Android.

 

Untuk menjelaskan seberapa mudahnya membuat game Android menggunakan HTML5, aku membuat game Snake yang berbasis dari web game Snake di TheCodePlayer. Aku mengubah dan menambah beberapa kodingan dari game tersebut menggunakan Intel XDK agar game-nya dapat dengan lancar dimainkan di Android.

 

Persiapan Membuat Game Android

Sebelum lebih lanjut membicarakan membuat game Android memakai HTML5, kerjakan langkah-langkah sebagai berikut terlebih dahulu:

 

Unduh dan instal Intel XDK

Jika belum mengenal mengenai Intel XDK atau masih baru di dunia HTML5, 

Unduh source code guna game Snake-nya di link ini

Impor proyek Snake dari source code yang didownload sebelumnya ke Intel XDK

Penjelasan

Dengan memakai Intel XDK, saya dan anda bisa menggunakan kodingan HTML5 yang telah ada (walaupun didesain guna web) ataupun mengkoding dari awal. Di artikel ini, kasusnya yaitu suatu  menggunakan kodingan HTML5 yang sudah ada untuk kemudian diperbaharui agar dapat dimainkan di perangkat berbasis Android.

 

Beberapa poin-poin penting yang harus diperhatikan di source code dari game ini yaitu suatu  sebagai berikut:

Canvas

Canvas yaitu suatu  bagian terpenting di game ini karena menjadi wadah di mana kita menggambar grafis-grafis untuk menganimasikan game Snake.

 

Event onTouchStart

Event onTouchStart digunakan untuk mendeteksi ketika sebuah komponen HTML5 disentuh oleh seseorang di perangkatnya.

 

jQuery Mobile

jQuery Mobile dipakai untuk mempercantik tampilan software dan supaya komponen HTML5-nya lebih optimal guna interaksi melewati sentuhan pemakai di layar sentuh perlengkapan mereka.

 

JavaScript

JavaScript dipakai untuk beberapa besar penulisan logika di game Snake ini supaya game-nya dapat bermanfaat seperti yang ditujukan.

 

Fungsi onDeviceReady

Fungsi ini bermanfaat sebagai lokasi di mana programmer mulai memasukkan logika pemrogramannya.

Untuk keterangan detail kodingan dari logika pemrograman untuk menciptakan game Snake telah ada di baris-baris komentar di kodingan dalam source code. Logikanya tidak terlalu kompleks dan mudah dipahami apalagi jika sudah memiliki dasar matematika yang bagus. KLIK DISINI

 


Cara Membuat Game HTML Cara Membuat Game HTML Reviewed by sentia indriyani on 19.21 Rating: 5

Tidak ada komentar